Artikel


Ingin Merintis Bisnis? Ini Cara Memulainya dari Nol!

  • Posted On 29 November 2019
  • /
  • 3 view

Merintis bisnis dari nol memang bukanlah seperti membalikkan telapak tangan. Diperlukan niat yang kuat, kerja keras, dan keinginan untuk terus belajar. Berkaca dari banyak kisah inspirasional dari para pengusaha di Indonesia seperti Chairul Tanjung hingga Susi Pudjiastuti yang berusaha dan terus berjuang dari awal sampai dapat menikmati kesuksesan seperti saat ini.

Bagi kalian yang masih ragu dan ada rasa takut untuk mengecap kegagalan, sekarang adalah waktu yang tepat untuk mengubah mindset kalian. Merintis bisnis dari nol bukanlah hal yang mudah tapi bukan hal yang mustahil juga untuk dilakukan. Ada banyak cara yang bisa dilakukan dalam memulai bisnis. Jadi apa saja tips sukses dalam merintis sebuah bisnis?

1.Sesuaikan dengan Passion yang Dimiliki

Passion merupakan salah satu elemen utama dalam memulai sebuah bisnis. Bukan hanya itu, menyesuaikan passion yang kalian miliki dengan bisnis yang akan kalian mulai dapat membantu kalian untuk mengelola bisnis tersebut hingga sukses. Dalam memulai dan menjalankan sebuah bisnis diperlukan banyak waktu dan pikiran untuk menyempurnakan setiap sisinya. Dan apabila bisnis kalian tidak tidak sesuai dengan passion yang kalian miliki maka memulai bisnis dari nol akan terasa seperti beban yang berat.

 

2. Mempersiapkan Business Plan

Business plan merupakan hal penting lainnya yang harus dipersiapkan untuk merintis sebuah bisnis dari nol. Business plan membantu kalian memetakan rencana bisnis dalam beberapa tahun ke depan untuk mengetahui tujuan dan bagaimana cara kalian untuk meraih tujuan tersebut.

Selain itu, dengan adanya business plan akan memudahkan kalian untuk menilai apakah bisnis tersebut layak untuk dimulai, memperoleh bantuan modal, dan mejadi salah satu cara meyakinkan investor untuk bergabung bersama pandangan kalian.

 

3. Riset Pasar

Dalam merintis bisnis, riset pasar yang mendalam merupakan hal utama yang diperlukan. Riset pasar dilakukan untuk mengetahui pergerakan usaha, siapa target marketnya dan bagaimana karakteristiknya serta siapa saja kompetitor bisnis kalian. Merintis bisnis tanpa melakukan dan memahami pasar yang kalian tuju akan menjadi boomerang bagi diri kalian sendiri.

 

4. Tentukan Jenis Produk

Pastikan kalian sudah menentukan produk yang akan ditawarkan kepada calon customer sebelum memulai bisnis, baik itu berupa barang maupun jasa. Produk yang ditawarkan sebaikanya memberikan solusi yang dapat memudahkan calon customer menyelesaikan permasalahan mereka. Oleh karena itu, riset pasar menjadi tahapan yang sangat penting. Riset yang mendalam membantu kalian menentukan dan mengetahui produk yang tepat untuk target market yang dituju. Jika produk sudah ditentukan, kalian dapat menguji coba produk kalian di pasaran untuk memastikan bahwa produk yang kalian tawarkan mendapat tempat di pasaran. 

 

5. Upgrade Kemampuan Kalian

Ketika meristis sebuah bisnis hal yang wajib kalian lakukan adalah belajar. Pengetahuan tentang marketing, networking, finance, dan lainnya adalah hal yang harus kalian ketahui dan kuasai untuk menunjang proses memulai dan mengelola bisnis. Cari ilmu sebanyak-banyaknya, pelajari hal yang belum kalian ketahui dan perluas wawasan kalian dengan mengikuti berbagai workshop, seminar, kelas online, ataupun dengan mencari mentor yang tepat untuk membantu kalian dalam merintis bisnis. Belajar dari pengalaman para pengusaha yang telah sukses juga dapat kalian lakukan. Mempelajari pengalaman dan kegagalan yang telah mereka alami dan cara mereka untuk mengatasi kegagalan tersebut dapat membantu kalian untuk berkembang lebih cepat.

 

6. Mengeksekusi Rencana Bisnis yang Telah Dipersiapkan

Langkah selanjutnya yang kalian lakukan setelah menyusun perencanaan dan persiapan adalah langsung mengeksekusinya. Jangan mundur ketika ada yang berjalan tidak sesuai dengan rencana. Yakinlah bahwa setiap tantangan yang dihadapi dapat membuat kalian belajar untuk menyesuaikan dan mengatur ulang strategi dalam mewujudkan bisnis yang sukses. 

 

7. Lakukan Evaluasi

Kesalahan dalam mengambil keputusan saat berbisnis pasti pernah dialami oleh setiap pengusaha dan untuk memperbaiki kesalahan tersebut, evaluasi yang mendalam secara rutin perlu dilakukan agar dapat memperbaiki serta mencegah terjadinya kesalahan yang sama untuk kedepannya.

 

8. Meningkatkan Kualitas Produk

Gunakan hasil evaluasi yang telah kalian lakukan untuk meningkatkan kualitas produk kalian. Berinovasilah dalam menghasilkan produk yang jauh lebih baik. Meningkatkan kualitas produk dapat membantu untuk menambah loyalitas dan kepercayaan customer kepada produk yang ditawarkan oleh usaha kalian. 

 

9. Memiliki Layanan Pelanggan

Kesalahan yang terjadi pada awal-awal berjalannya bisnis terkadang menimbulkan keluhan dari beberapa customer yang kalian miliki. Maka dari itu, perlu adanya layanan pelanggan yang dapat menerima keluhan pelanggan dengan cara yang informatif, ramah, dan tentunya dapat memberikan solusi sehingga customer tersebut dapat dilayani dengan baik dan tidak akan membuat buruk citra dari bisnis kalian.

 

10. Tingkatkan Bisnismu

Berbisnis tidak hanya selesai saat kalian memulainya saja, tapi kalian harus terus berinovasi dan mengembangkan bisnis kalian agar bisnis tersebut bisa bertahan ditengah persaingan. Dengan persiapan dan strategi yang sudah kalian buat sebelum memulai bisnis dapat memudahkan kalian untuk menjalankan dan menentukan arah bisnis kalian kedepannya. 

 

Nah, apa sekarang kalian sudah siap untuk merintis bisnis kalian dari nol?

 

 

 

 

 

Share On

Previous Post

Resolusi Sederhana di Tahun 2020, S...

Posted On 29 November 2019

Sebentar lagi tahun 2020! Sudah menyiapkan racikan resolusi untuk tahun depan? Atau masih bingung menyusun rencana-rencana resolusi kalian? Kalau masih bingung, kalian bisa mula...

Previous Post

Resolusi Sederhana di Tahun 2020, S...

Posted On 29 November 2019

Sebentar lagi tahun 2020! Sudah menyiapkan racikan resolusi untuk tahun depan? Atau masih bingung menyusun rencana-rencana resolusi kalian? Kalau masih bingung, kalian bisa mula...