Artikel


Rahasia Menciptakan Workshop yang Efektif

  • Posted On 21 November 2019
  • /
  • 11 view

Workshop berbeda dengan topik yang kalian dapatkan saat disekolah. Pastikan kalian tahu perbedaanya dan juga keuntungan yang kalian dapatkan melalui workshop. Workshop harus dibangun dengan suasana yang menyenangkan dan tidak membosankan, sehingga memudahkan Pelajar untuk menerima materi yang disampaikan. Apa saja hal-hal yang perlu diperhatikan sebelum memulai workshop agar dapat berjalan dengan lebih efektif?

1. Bangun Fondasi Workshop yang Baik

bangun fondasi workshop yang baik

Sisihkan waktu untuk mencari tahu target market yang sesuai dengan workshop yang akan kalian jalankan serta kenali siapa Pelajar kalian, cara mereka dalam berpikir, dan apa kira-kira yang mereka harapkan dari workshop kalian.

Buatlah judul workshop yang eye catching dan mudah dipahami oleh Pelajar. Tentukan tema untuk workshop dan pastikan sesuai dengan judul yang kalian buat. Manfaat dari workshop yang kalian buat juga penting untuk diketahui oleh Pelajar yang ingin bergabung dan belajar di workshop kalian.

 

2. Banyaknya Jumlah Pelajar Berpengaruh Pada Efektivitas Workshop

Jumlah pelajar pada workshop yang kalian buat harus diperhatikan sesuai dengan materi dan kemampuan kalian dalam menguasai workshop tersebut. Peserta dengan jumlah lebih dari 20 atau 25 orang tentu akan menjadikan kelas menjadi tidak efektif dan Pelajar akan kesulitan dalam mengikuti materi yang sedang dijelaskan. Pastikan untuk mengontrol jumlah Pelajar yang akan bergabung pada workshop kalian sehingga Pelajar merasa nyaman dengan lingkungan belajarnya dan dapat beriteraksi lebih dekat dengan Pengajar.

 

3. Ajari Lebih Dalam dan Bangun Komunikasi yang Baik

Dalam workshop tentu Pelajar nantinya akan diberikan kesempatan untuk mempraktikan yang sudah dijelaskan oleh Pengajar. Berikan contoh bagaimana cara kerjanya dan bebaskan Pelajar dengan mencobanya secara langsung. Perhatikan Pelajar selagi praktik dan bangunlah komunikasi yang interaktif dengan Pelajar. Dengan begitu Pelajar akan lebih cepat untuk memahami workshop yang kalian berikan dan membuat suasana workshop menjadi lebih menyenangkan.

 

4. Bangun Suasana Workshop yang Menyenangkan

Jadilah Pengajar yang komunikatif dan dapat membangun suasana workshop yang nyaman dan menyenangkan bagi Pelajar. Dengan suasana workshop yang nyaman maka akan semakin memudahkan Pelajar memulai interaksi dengan Pengajar maupun Pelajar lainnya sehingga mereka dapat saling belajar dan mengispirasi satu sama lainnya.             

 

5. Lakukan Trial dan Error

Cobalah untuk menguji materi workshop kalian  kepada orang-orang disekitar kalian untuk menghindari hasil yang kurang memuaskan. Perhatikan juga ruangan workshop yang akan kalian gunakan, pastikan ruangan tersebut dapat menampung Pelajar dengan jumlah yang kalian targetkan.

Setelah workshop selesai, kalian bisa memberikan alat dan bahan yang mereka gunakan selama workshor agar mereka dapat terus berlatih dan berkarya. Ada baiknya juga untuk berkomunikasi dengan Pelajar secara langsung tentang pengalaman mereka selama mengikuti workshop. Feedback dari mereka sangat berharga untuk perbaikan workshop-workshop kalian berikutnya.

So, Are you ready to make a workshop and share your knowledge with others? #MulaiKelasMu sekarang bersama Mulai Merintis.

                     

Share On

Next Post

Ingin Merintis Bisnis? Ini Cara Mem...

Posted On 29 November 2019

Merintis bisnis dari nol memang bukanlah seperti membalikkan telapak tangan. Diperlukan niat yang kuat, kerja keras, dan keinginan untuk terus belajar. Berkaca dari banyak kisah in...

Previous Post

Cara Menjadi Content Creator di Med...

Posted On 22 November 2019

Para content creator menjadikan media sosial sebagai platform mereka dalam menampilkan karyanya. Melalui media sosial cukup dengan sekali klik, karya mereka dapat dinikmati oleh ju...

Previous Post

Cara Menjadi Content Creator di Med...

Posted On 22 November 2019

Para content creator menjadikan media sosial sebagai platform mereka dalam menampilkan karyanya. Melalui media sosial cukup dengan sekali klik, karya mereka dapat dinikmati oleh ju...